Pendidikan Di Indonesia


kualitas pendidikan di indonesia, emanglah tidak terlalu tinggi dengan kualitas pendidikan di negara-negara tetangga. dalam beberapa tahun ini pun, indonesia mencoba untuk meningkatkan standarisasi nilai kelulusan, dimana nilai kelulusannya setiap tahunnya meningkat. namun tidak sedikit juga orang yang kontra dengan keputusan itu. namun sampai sekarang ini keputusan itu tetap dijalankan, dengan hasil yang tidak terlalu memuaskan.

Terbukti setiap tahunnya, didapati lebih dari 1000 siswa SMA, SMP dan SD yang tidak lulus. apakah ini berarti emang mutu pendidikan di Indonesia sangat rendah di bandingkan negara lain. siapa yang harus di salahkan dalam masalah ini? apakah Guru, siswa atau pemerintah sendiri?

dalam peningkatan standarisasi nilai kelulusan ini, mulai banyak bermunculan calo-calo soal ujian dan kunci jawaban. terbukti di salah satu kota K, seorang siswa  di salah satu SMU negeri di kota itu di ketahui menjual soal ujian. kasus ini semakin berkembang setelah di dapati  siswa tersebut di tangkap, ternyata soal tersebut dia dapat dari opnum dinas pendidikan di kota itu. apakah opnum dinas pendidikan seperti ini di Indonesia? seolah-olah menjadi bisnis.

masalah pun kembali muncul setelah mereka lulus. ada seorang siswi SD yang ingin melanjutkan ke SMP negeri favorit di kota K, harus membayar uang 5 juta. padahal perlu diketahui, siswi tersebut sangat berprestasi. Sekarang yang jadi pertanyaan adalah

  1. apakah sekarang ini sekolahan menjadi lahan bisnis untuk opnum-opnum tertentu?
  2. apakah tidak ada subsidi untuk sekolah-sekolahan apalagi sekolah negeri?
  3. apakah emang seperti itu peraturan dari pemerintah?
  4. apakah ini sudah menjadi hal yang lumrah (biasa)?
  5. terus buat apa uang itu?

Sekarang, bagaimana jika ada siswi/siswa yang kurang mampu? apakah mereka sanggup untuk membayarnya? jika kita lihat di jalanan banyak anak-anak seumuran sekolah mengemis, ngemen, bermain dan tidak sekolah itu tidak salah. pasti Anda tahu jawabannya, karena apa? pendidikan sekarang menjadi lahan bisnis, pendidikan mahal….!!!! kenapa masalah ini terulang di setiap tahunnya? apakah pemerintah daerah atau pusat akan membiarkan saja? ataukah mereka tidak menindak lanjuti masalah ini.

Perlu di ketahui, mereka adalah Generasi penerus bangsa ini. apa jadinya jika pendidikan di Indonesia seperti ini, banyak anak-anak yang berprestasi yang tidak sekolah. karena mereka tidak sanggup untuk membayar sekolah. apakah pejabat-pejabat yang berkompeten di sana tidak perduli, apakah mereka hanya mengurusi masalah mereka sendiri? menuntut ini itu, mobil dinas minta ganti lah, gaji minta naik lah???

terakhir, apakah Indonesia akan seperti ini terus??? sungguh keterlaluan

About these ads

~ oleh 12puby pada 26 Mei 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: