Lingkungan Global : Teori Organisasi



Dalam persaingan di lingkungan global, tingkat pertumbuhan perdagangan dunia telah meningkat jauh lebih cepat dari produk bruto dunia. Ini berarti perdagangan barang dan jasa antar Negara telah meningkat jauh lebih cepat dari produksi barang di dunia.

Untuk bertahan dalam perubahan yang sangat cepat dalam dunia global, perusahaan tidak hanya harus melakukan investasi modal, tapi juga melakukan investasi tenaga kerja yang bekompeten. seberapa baik perusahaan merekrut, memilih, mempertahankan, dan memotivasi tenaga kerja yang terampil maka akan memiliki dampak besar pada kemampuan untuk bersaing di persaingan dunia yang semakin bergantung secara global.

Berikut ini segmen-segmen keorganisasian dalam lingkungan global yang sangat berpengaruh meliputi:

1.      industri, mencakup seluruh organisasi lain yang bergerak disektor kegiatan yang sama dan merupakan saingan bagi organisasi, hal tersebut berpengaruh terhadap ketidak pastian dalam persaingan antar organisasi.

2.      bahan baku, organisasi harus mendapatkan bahan baku dari lingkungannya, kadang-kadang lingkungan tidak dapat menyediakan bahan baku dalam jumlah yang cukup, sehingga berbahaya bagi industry.

3.      tenaga kerja, organisasi perlu mendapatkan tenaga kerja dengan tingkat keahlian, kualifikasi dan jumlah yang cukup. Jika kebutuhan tenaga kerja tidak dapat dipenuhi oleh lingkungan, organisasi akan memperoleh kesulitan dalam menghasilkan output.

4.      keuangan, menggambarkan tingkat kemudahan untuk memperoleh sumber keuangan bagi organisasi.

5.      pasar, menggambarkan besarnya permintaan konsumen terhadap produk atau jasa yang dihasilkan oleh organisasi.

6.      teknologi, merupakan pengetahuan serta teknik-teknik yang digunakan untuk membuat produk ataupun jasa, teknologi berpengaruh terhadap cara pengelolaan organisasi.

7.      kondisi ekonomi, menggambarkan keadaan umum dari perekonomian suatu organisasi, kondisi ekonomi seperti besarnya daya beli konsumen, tingkat pengangguran, tingkat suku bunga, besarnya inflasi, dan tingkat permintaan produk.

8.      pemerintah, mencakup peraturan-peraturan dan system pemerintahan serta kondisi politik suatu organisasi.

Sebagai contoh :

Berdasarkan persaingan globalisasi dunia, AS berada pada  di peringkat  11 dunia, karena AS mempunyai keunggulan dalam teknologi yang mampu memaksimalkan persaingan global secara baik di pasaran dunia.

Sedangkan Irlandia berada di peringkat 1 sebagai Negara yang paling global. Hal ini disebabkan karena Irlandia mempunyai kebijakan Pro-Bisnis yang kuat. Yang menjadikan lokasi yang sangat menarik bagi para investor asing untuk menanamkan modalnya. Selain itu Irlandia memiliki nilai yang tinggi dalam bidang industri, infrastruktur yang canggih dan layanan komunikasi yang baik bagi para investor yang menanamkan modal. Sehingga tingkat perdagangan  di Irlandia meningkat pesat di bandingkan AS yang mempunyai teknologi canggih di banding Irlandia.

About these ads

~ oleh 12puby pada 25 Oktober 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: