Exceptions dan Assertions


J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman 2 1
2.2 Apa itu Exception?
2.2.1 Pendahuluan
Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program
tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi. Untuk menghindari
pemborosan waktu pada proses error-checking, Java menyediakan mekanisme
penanganan exception.
Exception adalah singkatan dari Exceptional Events. Kesalahan (errors) yang terjadi
saat runtime, menyebabkan gangguan pada alur eksekusi program. Terdapat
beberapa tipe error yang dapat muncul. Sebagai contoh adalah error pembagian 0,
mengakses elemen di luar jangkauan sebuah array, input yang tidak benar dan
membuka file yang tidak ada.
2.2.2 Error dan Exception Classes
Seluruh exceptions adalah subclasses, baik secara langsung maupun tidak langsung,
dari sebuah root class Throwable. Kemudian, dalam class ini terdapat dua kategori
umum : Error class dan Exception class.
Exception class menunjukkan kondisi yang dapat diterima oleh user program.
Umumnya hal tersebut disebabkan oleh beberapa kesalahan pada kode program.
Contoh dari exceptions adalah pembagian oleh 0 dan error di luar jangkauan array.
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman 2 2
Error class digunakan oleh Java run-time untuk menangani error yang muncul pada
saat dijalankan. Secara umum hal ini di luar control user karena kemunculannya
disebabkan oleh run-time environment. Sebagai contoh adalah out of memory dan
harddisk crash.
2.2.3 Sebuah Contoh
Perhatikan contoh program berikut :
class DivByZero {
public static void main(String args[]) {
System.out.println(3/0);
System.out.println(“Cetak.”);
}
}
Jika kode tersebut dijalankan, akan didapatkan pesan kesalahan sebagai berikut :
Exception in thread “main” java.lang.ArithmeticException: / by
zero at DivByZero.main(DivByZero.java:3)
Pesan tersebut menginformasikan tipe exception yang terjadi pada baris dimana
exception itu berasal. Inilah aksi default yang terjadi bila terjadi exception yang tidak
tertangani. Jika tidak terdapat kode yang menangani exception yang terjadi, aksi
default akan bekerja otomatis. Aksi tersebut pertama-tama akan menampilkan
deskripsi exception yang terjadi. Kemudian akan ditampilkan stack trace yang
mengindentifikasi method dimana exception terjadi. Pada bagian akhir, aksi default
tersebut akan menghentikan program secara paksa.
Bagaimana jika Anda ingin melakukan penanganan atas exception dengan cara yang
berbeda? Untungnya, bahasa pemrograman Java memiliki 3 keywords penting dalam
penanganan exception, yaitu try, catch dan finally.
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman 2 3
2.3 Menangkap Exception
2.3.1 Try – Catch
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, keyword try, catch dan finally digunakan
dalam menangani bermacam tipe exception. 3 Keyword tersebut digunakan
bersama, namun finally bersifat opsional. Akan lebih baik jika memfokuskan pada
dua keyword pertama, kemudian membahas finally pada bagian akhir.
Berikut ini adalah penulisan try-catch secara umum :
t
ry {

} catch ( ) {

}
...
} catch ( ) {

}
Petunjuk Penulisan Program :
Blok catch dimulai setelah kurung kurawal dari kode try atau catch terkait. Penulisan
kode dalam blok yang dimasukkan
Gunakan contoh kode tersebut pada program DivByZero yang telah dibuat
sebelumnya :
class DivByZero {
public static void main(String args[]) {
try {
System.out.println(3/0);
System.out.println(“Cetak.”);
} catch (ArithmeticException exc) {
//Reaksi atas kejadian
System.out.println(exc);
}
System.out.println(“Setelah Exception.”);
}
}
Kesalahan pembagian dengan bilangan 0 adalah salah satu contoh dari
ArithmethicException. Tipe exception kemudian mengindikasikan klausa catch pada
class ini. Program tersebut menangani kesalahan yang terjadi dengan menampilkan
deskripsi dari permasalahan.
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman 2 4
Output program saat eksekusi akan terlihat sebagai berikut :
j
ava.lang.ArithmeticException: / by zero
After exception.
Bagian kode yang terdapat pada blok try dapat menyebabkan lebih dari satu tipe
exception. Dalam hal ini, terjadinya bermacam tipe kesalahan dapat ditangani
menggunakan beberapa blok catch. Perlu dicatat bahwa blok try dapat hanya
menyebabkan sebuah exception pada satu waktu, namun dapat pula menampikan
tipe exception yang berbeda di lain waktu.
Berikut adalah contoh kode yang menangani lebih dari satu exception :
class MultipleCatch {
public static void main(String args[]) {
try {
int den = Integer.parseInt(args[0]); //baris 4
System.out.println(3/den); //baris 5
} catch (ArithmeticException exc) {
System.out.println(“Nilai Pembagi 0.”);
} catch (ArrayIndexOutOfBoundsException exc2) {
System.out.println(“Missing argument.”);
}
System.out.println(“After exception.”);
}
}
Pada contoh ini, baris ke-4 akan menghasilkan kesalahan berupa
ArrayIndexOutOfBoundsException bilamana seorang user alpa dalam memasukkan
argument, sedang baris ke-5 akan menghasilkan kesalahan ArithmethicException
jika pengguna memasukkan nilai 0 sebagai sebuah argument.
Pelajari apakah yang akan terjadi terhadap program bila argumen – argumen berikut
dimasukkan oleh user :
a) Tidak ada argument
b) 1
c) 0
Penggunaan try bersarang diperbolehkan dalam pemrograman Java.
class NestedTryDemo {
public static void main(String args[]){
try {
int a = Integer.parseInt(args[0]);
try {
int b = Integer.parseInt(args[1]);
System.out.println(a/b);
} catch (ArithmeticException e) {
System.out.println(“Divide by zero error!");
}
} catch (ArrayIndexOutOfBoundsException) {
System.out.println(“2 parameters are required!");
}
}
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman 2 5
}
Pelajari apa yang akan terjadi pada program jika argument – argument berikut dimasukkan :
a) Tidak ada argumen
b) 15
c) 15 3
d) 15 0
Kode berikut menggunakan try bersarang tergabung dengan penggunaan method.
class NestedTryDemo2 {
static void nestedTry(String args[]) {
try { int a = Integer.parseInt(args[0]);
int b = Integer.parseInt(args[1]);
System.out.println(a/b);
} catch (ArithmeticException e) {
System.out.println("Divide by zero error!");
}
}
p
ublic static void main(String args[]){
try {
nestedTry(args);
} catch (ArrayIndexOutOfBoundsException e) {
System.out.println("2 parameters are required!");
}
}
}
Bagaimana output program tersebut jika diimplementasikan terhadap argument –
argument berikut :
a) Tidak ada argumen
b) 15
c) 15 3
d) 15 0
2.3.2 Keyword Finally
Saatnya Anda mengimplementasikan finally dalam blok try-cacth. Berikut ini cara
penggunaan keyword tersebut :
t
ry {

} catch ( ) {

} ...
} finally {

}
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman 2 6
Petunjuk Penulisan Program :
Sekali lagi, ketentuan penulisan program juga mengatur penggunaan finally seperti
halnya pada blok catch. Penggunaan finally dimulai setelah kurung kurawal penutup
blok catch terkait. Penulisan dalam blok tersebut juga mengalami indentasi.
Blok finally mengandung kode penanganan setelah penggunaan try dan catch. Blok
kode ini selalu tereksekusi walaupun sebuah exception terjadi atau tidak pada blok
try. Blok kode tersebut juga akan menghasilkan nilai true meskipun return, continue
ataupun break tereksekusi. Terdapat 4 kemungkinan skenario yang berbeda dalam
blok try-catch-finally. Pertama, pemaksaan keluar program terjadi bila control
program dipaksa untuk melewati blok try menggunakan return, continue ataupun
break. Kedua, sebuah penyelesaian normal terjadi jika try-catch-finally tereksekusi
secara normal tanpa terjadi error apapun. Ketiga, kode program memiliki spesifikasi
tersendiri dalam blok catch terhadap exception yang terjadi. Yang terakhir, kebalikan
skenario ketiga. Dalam hal ini, exception yang terjadi tidak terdefinisikan pada blok
catch manapun. Contoh dari skenario – skenario tersebut terlihat pada kode berikut
ini :
c
lass FinallyDemo {
static void myMethod(int n) throws Exception{
try {
switch(n) {
case 1: System.out.println("case pertama");
return;
case 3: System.out.println("case ketiga");
throw new RuntimeException("demo case
ketiga");
case 4: System.out.println("case keempat");
throw new Exception("demo case
keempat");
case 2: System.out.println("case Kedua");
}
} catch (RuntimeException e) {
System.out.print("RuntimeException terjadi: ");
System.out.println(e.getMessage());
} finally {
System.out.println("try-block entered.");
}
}
public static void main(String args[]){
for (int i=1; i<=4; i++) {
try {
FinallyDemo.myMethod(i);
} catch (Exception e){
System.out.print("Exception terjadi: ");
System.out.println(e.getMessage());
}
System.out.println();
}
}
}
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman 2 7
2.4 Melempar Exception
2.4.1 Keyword Throw
Disamping menangkap exception, Java juga mengijinkan seorang user untuk
melempar sebuah exception. Sintaks pelemparan exception cukup sederhana.
throw ;
Perhatikan contoh berikut ini.
/* Melempar exception jika terjadi kesalahan input */
class ThrowDemo {
public static void main(String args[]){
String input = “invalid input”;
try {
if (input.equals(“invalid input”)) {
throw new RuntimeException("throw demo");
} else {
System.out.println(input);
}
System.out.println("After throwing");
} catch (RuntimeException e) {
System.out.println("Exception caught here.");
System.out.println(e);
}
}
}
2.4.2 Keyword Throws
Jika sebuah method dapat menyebabkan sebuah exception namun tidak
menangkapnya, maka digunakan keyword throws. Aturan ini hanya berlaku pada
checked exception. Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang checked exception
dan unchecked exception pada bagian selanjutnya, “Kategori Exception”.
Berikut ini penulisan syntax menggunakan keyword throws :
() throws {

}
Sebuah method perlu untuk menangkap ataupun mendaftar seluruh exceptions yang
mungkin terjadi, namun hal itu dapat menghilangkan tipe Error, RuntimeException,
ataupun subclass-nya.
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman 2 8
Contoh berikut ini menunjukkan bahwa method myMethod tidak menangani
ClassNotFoundException.
c
lass ThrowingClass {
static void myMethod() throws ClassNotFoundException {
throw new ClassNotFoundException ("just a demo");
}
}
class ThrowsDemo {
public static void main(String args[]) {
try {
ThrowingClass.myMethod();
} catch (ClassNotFoundException e) {
System.out.println(e);
}
}
}
2.5 Kategori Exception
2.5.1 Exception Classes dan Hierarki
Seperti yang disebutkan sebelumnya, root class dari seluruh exception classes
adalah Throwable class. Yang disebutkan dibawah ini adalah exception class hierarki.
Seluruh exceptions ini terdefinisi pada package java.lang.
Tabel 1.4. Hirarki Exception Class
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman 2 9
Sekarang Anda sudah cukup familiar dengan beberapa exception classes, saatnya
untuk mengenalkan aturan : catch lebih dari satu harus berurutan dari subclass ke
superclass.
class MultipleCatchError {
public static void main(String args[]){
try {
int a = Integer.parseInt(args [0]);
int b = Integer.parseInt(args [1]);
System.out.println(a/b);
} catch (Exception e) {
System.out.println(e);
} catch (ArrayIndexOutOfBoundsException e2) {
System.out.println(e2);
}
System.out.println("After try-catch-catch.");
}
}
Setelah mengkompilasi kode tersebut akan menghasilkan pesan error jika Exception
class adalah superclass dari ArrayIndexOutOfBoundsException class.
MultipleCatchError.java:9: exception
java.lang.ArrayIndexOutOfBoundsException has already been caught
} catch (ArrayIndexOutOfBoundsException e2) {
2.5.2 Checked dan Unchecked Exceptions
Exception terdiri atas checked dan unchecked exceptions.
Checked exceptions adalah exception yang diperiksa oleh Java compiler. Compiler
memeriksa keseluruhan program apakah menangkap atau mendaftar exception yang
terjadi dalam sintax throws. Apabila checked exception tidak didaftar ataupun
ditangkap, maka compiler error akan ditampilkan.
Tidak seperti checked exceptions, unchecked exceptions tidak berupa compile-time
checking dalam penanganan exceptions. Pondasi dasar dari unchecked exception
classes adalah Error, RuntimeException dan subclass-nya.
2.5.3 User Defined Exceptions
Meskipun beberapa exception classes terdapat pada package java.lang namun tidak
mencukupi untuk menampung seluruh kemungkinan tipe exception yang mungkin
terjadi. Sehingga sangat mungkin bahwa Anda perlu untuk membuat tipe exception
tersendiri.
Dalam pembuatan tipe exception Anda sendiri, Anda hanya perlu untuk membuat
sebuah extended class terhadap RuntimeException class, maupun Exception class
lain. Selanjutnya tergantung pada Anda dalam memodifikasi class sesuai
permasalahan yang akan diselesaikan. Members dan constructors dapat dimasukkan
pada exception class milik Anda.
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman 2 10
Berikut ini contohnya :
class HateStringException extends RuntimeException{
/* Tidak perlu memasukkan member ataupun construktor */
}
c
lass TestHateString {
public static void main(String args[]) {
String input = "invalid input";
try {
if (input.equals("invalid input")) {
throw new HateStringException();
}
System.out.println("String accepted.");
} catch (HateStringException e) {
System.out.println("I hate this string: " + input +
".");
}
}
}
2.6 Assertions
2.6.1 User Defined Exceptions
Assertions mengijinkan programmer untuk menentukan asumsi yang dihadapi.
Sebagai contoh, sebuah tanggal dengan area bulan tidak berada antara 1 hingga 12
dapat diputuskan bahwa data tersebut tidak valid. Programmer dapat menentukan
bulan harus berada diantara area tersebut. Meskipun hal itu dimungkinkan untuk
menggunakan contructor lain untuk mensimulasikan fungsi dari assertions, namun
sulit untuk dilakukan karena fitur assertion dapat tidak digunakan. Hal yang menarik
dari assertions adalah seorang user memiliki pilihan untuk digunakan atau tidak pada
saat runtime.
Assertion dapat diartikan sebagai extensi atas komentar yang menginformasikan
pembaca kode bahwa sebagian kondisi harus terpenuhi. Dengan menggunakan
assertions, maka tidak perlu untuk membaca keseluruhan kode melalui setiap
komentar untuk mencari asumsi yang dibuat dalam kode. Namun, menjalankan
program tersebut akan memberitahu Anda tentang assertion yang dibuat benar atau
salah. Jika assertion tersebut salah, maka AssertionError akan terjadi.
2.6.2 Mengaktifkan dan Menonaktifkan Exceptions
Penggunaan assertions tidak perlu melakukan import package java.util.assert.
Menggunakan assertions lebih tepat ditujukan untuk memeriksa parameter dari nonpublic
methods jika public methods dapat diakses oleh class lain. Hal itu mungkin
terjadi bila penulis dari class lain tidak menyadari bahwa mereka dapat
menonaktifkan assertions. Dalam hal ini program tidak dapat bekerja dengan baik.
Pada non-public methods, hal tersebut tergunakan secara langsung oleh kode yang
ditulis oleh programmer yang memiliki akses terhadap methods tersebut. Sehingga
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman 2 11
mereka menyadari bahwa saat menjalankannya, assertion harus dalam keadaan
aktif.
Untuk mengkompilasi file yang menggunakan assertions, sebuah tambahan
parameter perintah diperlukan seperti yang terlihat dibawah ini :
javac –source 1.4 MyProgram.java
Jika Anda ingin untuk menjalankan program tanpa menggunakan fitur assertions,
cukup jalankan program secara normal.
java MyProgram
Namun, jika Anda ingin mengaktifkan assertions, Anda perlu menggunakan
parameter –enableassertions atau –ea.
java –enableassertions MyProgram
2.6.3 Sintaks Assertions
Penulisan assertions memiliki dua bentuk.
Bentuk yang paling sederhana terlihat sebagai berikut :
assert ;
dimana adalah kondisi dimana assertion bernilai true.
Bentuk yang lain menggunakan dua ekspresi, berikut ini cara penulisannya :
assert : ;
dimana adalah kondisi assertion bernilai true dan adalah
informasi yang membantu pemeriksaan mengapa program mengalami kesalahan.
class AgeAssert {
public static void main(String args[]) {
int age = Integer.parseInt(args[0]);
assert(age>0);
/* jika masukan umur benar (misal, age>0) */
if (age >= 18) {
System.out.println(“Congrats! You're an adult!
=)”);
}
}
}
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman 2 12
2.7 Latihan
2.7.1 Heksadesimal ke Desimal
Tentukan sebuah angka heksadesimal sebagai input. Konversi angka tersebut
menjadi bilangan desimal. Tentukan exception class Anda sendiri dan lakukan
penanganan jika input dari user bukan berupa bilangan heksadesimal.
2.7.2 Menampilkan Sebuah Berlian
Tentukan nilai integer positif sebagai input. Tampilkan sebuah berlian
menggunaakan karakter asterisk (*) sesuai angka yang diinput oleh user. Jika user
memasukkan bilangan integer negatif, gunakan assertions untuk menanganinya.
Sebagai contoh, jika user memasukkan integer bernilai 3, program Anda harus
menampilkan sebuah berlian sesuai bentuk berikut :
*
***
*****
***
*

~ oleh 12puby pada 3 Desember 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s