VIRUS KOMPUTER


Apa itu Virus Komputer ? Virus  Komputer  adalah program-program yang masuk  tanpa diundang kedalam komputer   kita   dan   kemudian  mengganggu   kerja   komputer,   bahkan  menyebabkan rusaknya file-file yang berada di dalam komputer kita.Virus   dibuat   oleh   programmer-programmer   amatir   yang   bertujuan   untuk menunjukkan kemampuan mereka pada masyarakat luas akan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki.

Virus  memiliki   kemampuan   untuk  mengcopy/  menyalin/  menularkan   dirinya sendiri kedalam file-file yang tersimpan dalam harddisk ataupun disket dan kemudian menyebar ke komputer lain ketika disket yang tertular virus digunakan di komputer lain.Pada masa sekarang, virus juga menyerang melalui Microsoft Word Macro dengan menggunakan Word Basic lalu menempel/ menularkan dirinya melalui dokumen Word. Virus  makro  menyebar   ketika   seseorang  mengirimkan   dokumen  Word   yang  telah

terinfeksi kepada orang lain melalui disket, e-mail, atau internet.Virus  komputer   tidak lahir   seperti  halnya virus  biologi  misal  Flu,  HIV,  SARS tetapi dibuat oleh orang-orang tertentu dengan tujuan untuk mengacau demi kesenangan pribadi.Pada awalnya,  virus dibuat untuk mengingatkan orang  lain agar  tidak membajak perangkat lunak milik seseorang.  Kemudian virus berkembang untuk memperkenalkan diri atau sekedar numpang nampang. Virus jenis ini adalah virus boot sector dan tidak begitu berbahaya karena tidak merusak file-file yang kita miliki dan hanya menyerang disket. Contoh virus jenis ini yang pernah terkenal di Indonesia pada tahun 1988 adalah DENZUKO.Virus  dibuat/  ditulis  dengan bahasa  mesin,   assembler,  perintah-perintah DOS  / DOS Script,  Advanced BASIC,  C  atau C++,   JAVA dan bahasa  pemrograman   lain menurut selera si pembuat virus.Kerusakan yang ditimbulkan oleh virus pada masa lalu hanya sekedar dilingkungan komputer yang terkena virus saja dan tidak dapat menular kelingkungan komputer jenis lain  misal   virus   yang  menyerang   komputer   IBM  compatible   tidak   akan  menulari komputer   yang   berada   dilingkungan  MacIntosh   ataupun  UNIX.   Tetapi   pada  masa sekarang, dengan berkembangnya teknologi yang memungkinkan pertukaran data lintas platform  (data  files   cross-platform  compatible),  virus  pun berkembang  dan mampu menyerang komputer apapun jenisnya. Program pengolah kata  seperti  Microsoft  Word,  Corel  WordPerfect,  dan Lotus AmiPro yang memiliki  kemampuan bahasa Macro Visual  Basic seperti  yang dimiliki Word   97   keatas   menjadi   sasaran   empuk   programmer-programmer   virus   untuk menyebarkan   virus   buatannya.  Virus   ini   dikenal   dengan   nama   virus  makro   karena menyerang makro dari program pengolah kata tersebut dan kemudian menulari file-file berekstensi .doc. Ketika   JAVA   diperkenalkan   dan   dikembangkan   untuk   pembuatan   web   dan

digunakan diseluruh dunia,  programmer  virus pun mengembangkan virus yang dapat berkembang   dilingkungan   JAVA   sehingga   virus   dapat  menyebar   keseluruh  dunia melalui internet.

Apa saja Yang Dilakukan Virus Di dalam Komputer Kita ?

Mulai  dari  sekedar  menampilkan pesan atau gambar,  mengacaukan  tulisan pada file dokumen, mencuri data seperti alamat e-mail, password hingga informasi transaksi keuangan lewat internet, merusak file-file berekstensi .com dan .exe, hingga merusak isi seluruh harddisk dikomputer kita.

Bagaimana Mengetahui Bahwa Komputer Yang Kita Gunakan Tertular Virus?

Pada dasarnya cukup sulit  untuk mengetahui  apakah komputer yang sedang kita gunakan ada virus  didalamnya atau  tidak,  apalagi  bila komputer  yang kita gunakan bukan milik kita atau yang biasa kita gunakan. Misalnya di warnet yang setiap orang bisa pakai asal ada uang. Untuk virus makro dapat kita rasakan kehadirannya misalnya muncul   tulisan-tulisan yang sama sekali   tidak kita ketikan,  macetnya  tombol-tombol tertentu, membengkaknya ukuran file dokumen yang kita buat dan masih banyak lagi tergantung virus makronya. Walaupun begitu hal ini hanya akan segera kita ketahui bila kita  terbiasa  teliti  dengan pengelolaan file-file dokumen kita.  Hal-hal   lain  juga dapat kita   rasakan ketika   tiba-tiba  komputer  kita  menunjukkan hal-hal  aneh  seperti  unjuk kerjanya yang tiba-tiba lambat, memori yang tidak cukup walau memori komputer kita cukup   besar   misal   256   MB.   Untuk   virus   jenis   baru   yang   dirancang   dapat menyembunyikan diri  dari  deteksi  program-program seperti  DEBUG pada DOS dan program-program  anti   virus   sangatlah   sulit  mendeteksi   kehadirannya   apalagi   jika menyerangnya dilakukan dengan mendeteksi tanggal-tertentu ataupun setelah beberapa kali  program yang  tertular  virus diaktifkan.  Untuk  itu diperlukan program anti  virus yang canggih yang  selalu diupdate virus  definitionnya.  Beberapa anti  virus   terkenal yang banyak dijumpai dipasaran seperti McAfee, Dr Solomon Anti Virus, Trend Micro Device,   Norton   Anti   Virus   dsbnya   yang  masing-masing  memiliki   kelebihan   dan kekurangan.Untuk mengetahui apakah file dokumen kita tertular virus atau tidak caranya (Pada Word 2000) pilih Tools > Macros .  Jika kemudian ada tampilan makro pada file doc kita dan kita tidak merasa membuatnya maka file doc kita kemungkinan besar terkena virus makro. Untuk menghindari virus makro caranya pilih Tools > Macros > Security. Pada Security Level klik High.

Bagaimana Melindungi Komputer Kita Dari Serangan Virus ?

Pertama,   cara  yang  termudah adalah dengan melengkapi  komputer  kita  dengan program  anti   virus   seperti  McAfee,  Dr  Solomon  Anti  Virus,  Trend  Micro  Device, Norton  Anti  Virus   dsbnya.   Jangan   lupa   untuk   selalu  meng  update  virus   definition dengan yang  lebih baru yang bisa diperoleh di  situs anti  virus  tersebut.  Berdasarkan pengalaman penulis, program anti virus yang cukup peka dengan kehadiran virus adalah Kaspersky Anti Virus.

Kedua,  melatih diri kita untuk selalu waspada dengan mengenal   jenis-jenis virus

baru melalui  membaca   tabloid  atau  majalah  komputer   atau mengunjungi   situs-situs resmi anti virus seperti McAfee.com, viruslist.com dan sebagainya.

Ketiga,  mengisolasi  e-mail  attachment  dan  website downloads  ke direktori  yang terpisah lalu scan dengan anti virus sebelum membukanya. Hindari mengunjungi situs-situs underground seperti astalavista dan sebangsanya. Hindari chatting langsung seperti MiRC yang harus menuliskan IP address kita karena virus akan langsung menyerang ke IP  address  kita   tanpa  kita   sadari.  Lebih  aman   chatting  tidak  langsung  seperti  yang pernah diselenggarakan oleh situs astaga.com karena kita tidak harus mencantumkan IP address kita sehingga lebih aman dari serangan virus.

Keempat, selalu membackup harddisk kita secara teratur agar bila terjadi serangan virus maka kita masih punya cadangannya.

Kelima, jangan terpengaruh untuk memforward pesan e-mail yang kita terima yang meminta untuk meneruskan pesan kepada orang lain karena kemungkinan besar e-mail yang kita terima berisi virus. Susahnya, virus-virus canggih mampu mencuri informasi alamat   e-mail   sehingga  ketika  menerima   e-mail   seakan-akan  kita  dapat   e-mail dari orang yang kita kenal tetapi ketika kita buka ‘booom” tanpa sadar kita sudah tertular

virus.

Jenis-Jenis Virus Berdasarkan Cara Menyerangnya Antara Lain:

  1. 1. Logic Bomb

Cara Kerjanya:

Virus yang  telah masuk kedalam komputer  kita baru akan beraksi  bila diaktifkan oleh   tanggal   penyerangan   dengan  membaca   clock   komputer   kita   atau   dengan menghitung berapa kali program yang telah tertular virus tersebut dijalankan. Setelah diaktifkan virus akan segera merusak sebelum kita sadar bahwa komputer kita telah lama tertular virus.

  1. 2. Trojan

Cara Kerjanya:

Nama Trojan diambil dari nama kuda Troya yang didalamnya bersembunyi tentara yang akan menyerang kota Troy pada mitologi Yunani.  Virus jenis ini disusupkan melalui  program-program  yang  nampak   berguna   seperti   program-program  game. Ketika program ini dijalankan, virus ini mulai beraksi didalam komputer kita.

  1. 3. Worm

Cara Kerjanya:

Virus ini selain menulari file-file berjenis .com, .exe juga memperbanyak diri sendiri (self reproducing programs) menyerang sistem, memenuhi direktori, temporary files, program files,  memperlambat  kerja komputer,  menahan perintah komputer melalui penekanan  tombol-tombol  keyboard,  menghentikan konektivitas ke  internet.  Virus jenis   ini   khususnya   variant   terbaru   seperti   I-Worm.  Klez.  H  sangat   ganas   bisa dideteksi   tapi  belum bisa disembuhkan.  Virus   ini   langsung menyerang  sistemnya terlebih   dulu   sambil   menulari   file-file   lain   dan   sekaligus   memperbanyak   diri memenuhi harddisk kita. Untungnya virus ini tidak menyerang data kita kecuali file berekstensi .com dan .exe

  1. 4. Hoax

Cara Kerjanya: Hadir  dalam bentuk e-mail  yang  intinya  berisi  peringatan akan adanya  serangan virus.

Faktor-faktor yang membuat virus jenis ini berhasil menyerang:

  1. Berisi   informasi  yang berbau  informasi   teknis  padahal  ketika  dibuka   ternyata Virus
  2. Mencantumkan   nama   instansi   yang   cukup   credible   seperti  misalnya   kantor Microsoft

Karena dua faktor diatas,  biasanya orang akan segera  terpancing untuk mengikuti “nasihat”   yang   diberikan   dan   segera   berusaha  meneruskan   peringatan   palsu   ini kepada orang-orang yang kita kenal.  Hoax  juga diam-diam mengumpulkan semua informasi e-mail yang terdapat dalam komputer kita. Akibat langsung pada komputer kita tidak begitu terasa bila komputer kita tidak terhubung ke internet.  Tetapi  bila terhubung ke  internet  maka kita akan banyak menerima puluhan,   ratusan,  bahkan ribuan e-mail  yang akan merepotkan kita dan biasanya server di  kantor kita akan segera down karena kelebihan beban.Baca info tentang keamanan internet di:

http://www.inetsecurity.info/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=71

Baca info tentang IP dsbnya:

http://www.rtek2000.com/Tech/InternetSecureLinks.html Bagaimana  Kita Tahu Nama-Nama  Virus,  Siapa Yang Memberi  Nama  Virus-Virus Tsb?

  1. Perusahaan pembuat Anti Virus.
  2. www.wildlist.org organisasi tempat berkumpulnya orang-orang yang berkecimpung dalam   kegiatan   menghadapi   virus   komputer   dan   juga   tempat   perusahaan-perusahaan antivirus mencari informasi serta bertukar informasi tentang virus dan cara menghadapinya.

Boot Sector adalah potongan kecil kode pada disket atau harddisk yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan sebelum memuat dan menjalankan DOSFAT (File Allocation Table) Adalah  tabel  yang menyimpan  informasi  mengenai   file seperti ukuran file serta letaknya didalam disket ataupun harddisk.

Cara masuk di komputer client / server berbasis Windows XP lewat DOS Pertama-tama anda harus mendownload 2 program penting yaitu :

  1. KaHT : Download KaHT
  2. Internet Maniac : internet maniac

Ingat hanya dengan 2 program diatas maka anda bersiap-siaplah menguasai warnet / kampus / kantor dan sebagainya, lho bagaimana bisa ? hehe Setelah 2 program diatas di download maka ekstractlah dahulu program tersebut, entah pakek WINZIP atau pakek apa. Kalo udah di extract lalu pertama kali anda periksa dahulu jaringan anda dengan melihat para hostname dengan 2 cara.

  1. Untuk Windows XP

Cara Pertama Masuk ke Start Lalu Search, lalu pilih computers or people lalu pilih A computer on the Network lalu langsung klik search maka akan segera muncul computer-komputer yang terkoneksi dalam jaringan. Setelah kamu dapetin sasaran computer yang mau di masukin / diremote maka kamu langsung aja kamu jalankan program Internet Maniac, masuklah ke Host Lookup lalu ketikkan nama computer / hostname lalu klik resolve, disini anda akan mendapat alamat ip computer tersebut. Dengan nomor ip ini maka anda sudah mengetahui sasaran computer yang akan di masuki. Setelah itu selesai maka kita tinggalkan program Internet Maniac, kita akan berlanjut dengan program KaHT, program ini akan didetect sebagai Trojan oleh antivirus, tapi abaikan saja, jangan di hapus / di karantina kalau terdetect, kalau perlu del aja antivirusnya, satu lagi, program KaHT bekerja dalam MS-DOS Mode jadi disini kemampuan anda menggunakan DOS sangat penting, tanpa kemampuan DOS maka anda tidak akan bisa banyak berbuat.

Cara masuk DOS Mode

  1. Untuk Windows XP :

Masuklah ke Start, All programs, Accessories lalu Command PromptUntuk Windows 95/98/Me/NT/2000 Masuklah ke Start, Programs, Accessories lalu MS-DOS Prompt

Setelah berhasil masuk DOS maka masuklah di directory program KaHT, masa seh bisa lupa tadi program diextract dimana, hehe, (Misal tadi di extract di C:\KaH) maka ketikkan “CD\KaHT” dan seterusnya.

Jika sudah, ini saatnya…

Ketikkan “KaHT sebelum_no_ip_komputer_sasaran

no_ip_komputer_sasaran.

kalau bingung bisa begini : “KaHT Ip1 ip2”

ip1 : ip awal yang discan

ip2 : ip terahkir yang discan

Misalnya tadi ip-nya 192.168.0.1 setelah di detect pakek Internet

Maniac tadi itu lho.

Maka ketikkan saja “KaHT 192.168.0.0 192.168.0.1” lalu enter aja Nah disini nanti program akan bekerja otomatis.Setelah selesai menscan jika nanti port 135 ternyata dalam keadaan open maka anda akan otomatis di computer tujuan / sasaran, untuk lebih persisnya anda akan berada di “c:\windows\system” milik komputer tujuan / sasaran setelah pen-scan-an selesai. Anda bisa bebas di computer sasaran, mau edit atau di delete pun bisa.

~ oleh 12puby pada 19 Mei 2010.

2 Tanggapan to “VIRUS KOMPUTER”

  1. komputer nya taruh di brankas, pendam 1 km di bawah permukaan tanah dijamin gak akan kena virus😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: