Pengamen Bus Jogja-Solo


pastinya anda tidak asing dengan namanya pengamen kan? apalagi pengamen di bus. pengamen jaman sekarang bukan hanya pria saja, namun wanita pun juga banyak juga menjadi pengamen.

entah kenapa mereka memutuskan untuk menjadi seorang pengamen? apakah benar lapangan pekerjaan sekarang di Indonesia ini sudah begitu sulit?? tapi saya di sini tidak ingin membahas persoalan itu, saya ingin bercerita betapa keren n berkualitasnya serta berjiwa sosial yang cukup tinggi kepada sesamanya untuk saling membantu terhadap oarang-orang yang tidak mampu.

baiklah, saya akan segera mulai. sudah adakah dari kalian atau kamu yang pernah serta merasakan naik bus jogja-solo? pasti tidak kan heran dengan namanya pengamen dan tidak asing lagi dengan mereka. mereka adalah penghibur kita saat berpergian atau berangkat serta pulang dari aktivitas. gak sedikit dari mereka mempunyai kualitas bermusik yang sangat bagus, ada yang bermain gitar, gitar kecil (kencrung dalam bahasa jawa), gendang dari pralon bekas serta harmonika di kombinasikan dengan gitar kecil. mereka terkadang berkelompok atau sendiri-sendiri.

Biasanya mereka menyanyikan lagu-lagu yang sudah terkenal atau lagu terbaru yang lagi buming namun ada juga yang menyanyikan lagu jawa (campursari), dangdut dan ada juga yang menyanyikan lagu2 rohani islam. dengan adanya pengamen kita bisa terhibur dengan nyanyian mereka, ada juga pengamen yang sangat bagus n merdu banget suaranya. namun terkadang penumpang hanya mengacuhkan mereka, pakah karena penampilan mereka yang terkesan urakan, ugal-ugalan.

Namun jangan salah, meski begitu meraka mempunyai jiwa sosial yang sangat tinggi. di tahun 2009 yang lalu pengamen Klaten mengadakan sunnatan (Khitanan) masal bagi warga yang kurang mampu dengan jumlah yang di khitan mencapai 100 lebih, mereka mengumpulkan dana dengan cara mengamen di bus serta mereka mencari dana sumbangan dengan mengajukan proposal2 resmi dari pemerintah daerah yang diketahui langsung oleh polisi klaten, mereka resmi karena mempunyai sekretariat yang resmi dan syah dari hukum, acara tersebut diadakan di GOR klaten.

setelah itu mereka juga mengadakan bakti sosial untuk siswa sekolah yang kurang mampu, dengan mengadakan acara pembagian alat tulis gratis. dimana dana yang diperoleh berasal dari mereka yang mengamen. namun ada juga yang meragukan apa yang mereka lakukan itu, tapi kenyataannya semua itu tidak benar. penampilan mereka yang seperti itu di karenakan lingkungan atau kurang didikan dari orang tua. namun kekurangan mereka di tutupin dengan bakti sosial kepada sesamanya.

pasti kalian ingat dengan tragedi gempa yang terjadi padang beberapa waktu yang lalu kan?? tentunya ingat dengan peristiwa itu, yang telah memakan ratusan korban jiwa , rumah2 serta bangunan bertingkat rubuh karena getaran gempa yang sangat kuat. terkait hal itu saya akan menceritakan sekelompok pengamen dari jogjakarta. kalian tau gak apa yang mereka lakukan dengan mengetahui kejadian di padang itu? ternyata mereka tidak hanya diam serta menyaksikan berita yang di siarkan di Tv atau radio. ternyata mereka melakukan bakti sosial, pengumpulan dana untuk korban gempa.

Pengumpulan dana tersebut dilakukan dengan cara mengamen di bus dan di jalan pada lampu merah tepatnya. pengumpulan dana ini di dukung penuh oleh salah satu koran daerah yang sangat terkenal yaitu KR (Kedaulatan Rakyat). kegiatan pengumpulan dana untuk korban gempa ini selalu di ekspos dalam koran..!! sungguh luar biasa bukan.

pada hari ini kamis 20 mei 2010 saat aku naik bus ke kampus, pengamen jogja-solo melakukan pengumpulan dana untuk membantu rekan pengamennya yang bernaman DIAN SARASWATI (kalau saya gak salah) yang menjadi korban tabrak lari, dan sekarang sedang di rawat di RS SARJITHO jogjakarta karena kritis. pengumpulan dana ini bertujuan untuk meringankan beban biaya perawatannya selama di rawat di rumah sakit..

**Betapa besar jiwa sosial mereka terhadap sesama orang yang tidak mampu, saya berpesan kepada siapa yang telah membaca artikel ini. mulai dari sekarang rubahlah pemikiranmu tentang mereka. karena apa? mereka mempunyai jiwa sosial yang sangat besar, mempunyai kualitas musikal yang sangat bagus. meski penampilan mereka sedikit urakan, tidak rapi dan terkesan garang. namun yang pasti mereka tidak seperti itu,

Jangan melihat dari kulit atau penampilan luarnya, namun lihatlah dari isi hati mereka. apa yang mereka lakukan, dan apa yang mereka bawa?? kita harus memberikan apresiasi ter hadap mereka. kita bisa melihat, diluar sana para orang kaya yang mampu dalamhal finansial tak kurang sesuatu apapun acuh terhadap lingkungan sekitar,, mereka itu saudara kita.

terakhir pesan saya, jangan pandang sebelah mata terhadap pengamen.. Thx

~ oleh 12puby pada 20 Mei 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: