Alur Seleksi dengan C++


Teori Singkat

C++ merupakan perluasan bahasa C dengan tambahan fasilitas kelas (Class). Dengan fasilitas ini, maka C++ mendukung teknik pemrograman berorientasi objek (object oriented programming). Pengembang aplikasi (application development) dengan C++ dikeluarkan oleh sejumlah vendor, dua diantaranya adalah yang dikeluarkan oleh Microsoft dan Borland. Panduan praktikum ini menggunakan software C++ Builder versi 3 atau yang lebih tinggi.

Program C++ berupa sekumpulan fungsi. Bahkan program utama juga berbentuk fungsi, yaitu fungsi main(). Kode C++ bersifat case sensitive, artinya membedakan antara huruf kapital dengan huruf kecil. Jadi, sintak main() tidak sama dengan Main().

Pada modul ini Anda akan menggunakan aplikasi konsol (console application), yaitu aplikasi dalam jendela seperti DOS yang berjalan di sistem operasi Windows. Perhatikan program berikut.

1. #include <iostream.h>

2. void main()

3. {

4. // tulis di layar

5. (* pesan Saya sedang belajar C++ *)

6. cout << “Saya sedang belajar C++” << endl;

7. getchar();

8. }

Keterangan

Baris 1 adalah penyertaan file header iostream.h ke dalam program. Program utama C++ berupa fungsi main() seperti baris 2. Kode program dalam fungsi ini diapit oleh kurung kurawal “{“ dan “}” seperti baris 3 dan baris 4. Baris 4 dan baris 5 adalah gaya penulisan komentar dalam C++. Komentar dalam satu baris dapat diawali dengan karakter //, atau diapit oleh “(*” dan “*)”. Baris 6 adalah pernyataan untuk menuliskan pesan di layar. Baris 7 adalah fungsi untuk mengambil satu karakter dari keyboard tanpa diakhiri <enter>. Namun, untuk program ini dimaksudkan agar program berhenti agar hasilnya dalam jendela DOS dapat dilihat. Yang perlu diingat, bahwa setiap pernyataan harus diakhir dengan karakter “;”. Apabila dikehendaki pernyataan dapat ditulis dalam beberapa baris.

Tipe Data Dasar

Tipe

ukuran(bits) Range
unsigned char 8 0 s/d 255
char 8 -128 s/d 127
short int 16 -32,768 s/d 32,767
unsigned int 32 0 s/d 4,294,967,295
int 32 -2,147,483,648 s/d 2,147,483,647
unsigned long 32 0 to 4,294,967,295
enum 32 -2,147,483,648 s/d 2,147,483,647
long 32 -2,147,483,648 s/d 2,147,483,647
float 32 3.4 E-38 s/d 1.7 E+38
double 64 1.7 E-308 s/d 3.4 E+308
long double 80 3.4 E-4932 s/d 1.1 E+4932
near pointer 32 tidak teraplikasi
far pointer 32 tidak teraplikasi

Deklarasi variabel berbentuk:

tipe pengenal;

contoh:

int jumlah;

float panjang, lebar;

char nilai;

Operator aritmetika adalah operator yang digunakan untuk operasi-operasi yang bersifat matematis.

Operator Arti Tipe Data Contoh
+ Tambah Numeris z = x + y;
kurang Numeris z = y – x;
* kali Numeris z = y * x;
/ bagi Numeris z = z / x;
% modulus Bilangan bulat z = y % x;

Operator penaikan dan penurunan, merupakan operator yang merupakan penulisan singkat dari operasi penaikan dan penurunan nilai data dengan satu. Bentuk:

variabel++;   //post-increment (naikkan di akhir)

++variabel;   //pre-increment (naikkan di awal)

variabel–;  //post-decrement

–variabel;  //pre-decrement

contoh:

x++     dan      ++x                sama dengan x=x+1

x–     dan      –x                sama dengan x=x-1

Operator ini dapat berlaku baik untuk tipe int maupun float.

Operator penugasan khusus, adalah untuk menyingkat penulisan statement penugasan.

Bentuk pendek Bentuk panjang
x += y x = x + y
x -= y x = x – y
x *= y x = x * y
x /= y x = x / y
x %= y x = x % y

Operator logika digunakan untuk memanipulasi operasi-operasi yang bersifat logika yaitu hanya punya dua nilai true atau false. Dalam C++ nilai true dituliskan dengan 1 sedangkan nilai false dituliskan dengan 0; Operator logika terdiri sebagai berikut:

Operator C++ Arti Contoh
&& AND if (a>0 && a<10)
|| OR if (a<0 || a>10)
! NOT if (!(a<0 || a>10))

Operator relasional digunakan untuk membandingkan dua buah operand. Hasil pembandingan ini berupa nilai kebenaran true (1) atau false (0)

Operatorrelasional Arti Contoh
< Kurang dari if (a < 0)
<= Kurang dr / sama if (a >= 0)
> Lebih dari if (a > 100)
>= Lebih dr / sama if (a >= 85)
== Sama dengan if (a == 0)
!= Tidak sama dgn if (a != ‘\n’)
?: Penugasan kondisional a = (x<1)? 1 : x;

Alir Program Seleksi

Aliran Seleksi digunakan untuk mengarahkan pencabangan aliran eksekusi program. Eksekusi program diarahkan sesuai kondisi yang mengendalikannya. Aliran seleksi dalam C++ dinyatakan dalam bentuk if dan switch. Aliran ini digunakan untuk menentukan alur jalannya eksekusi program. Alur eksekusi program ditentukan dari nilai kebenaran kondisi yang ditentukan.

Jika (kondisi) bernilai benar maka perintah dikerjakan, jika (kondisi) salah maka tidak mengerjakan perintah apapun.

if (kondisi)

{perintah}

contoh:

if (berat > 70)

cout << “Anda gemuk” << endl;

Jika (kondisi) bernilai benar maka {perintah 1} dikerjakan, jika (kondisi) salah maka dikerjakan {perintah 2}.

if (kondisi)

{Perintah 1}

else

{Perintah 2}

contoh:

if (berat > 70)

cout << “Anda gemuk” << endl;

else

cout << “Makannya tambah biar gemuk” << endl;

Bentuk seleksi yang lain adalah menggunakan switch.  Penggunaan switch merupakan bentuk penulisan yang lebih sederhana sebagai pengganti seleksi if bertumpuk. Perintah ini sangat bermanfaat jika seleksi if bertumpuk yang akan diperiksa cukup banyak, sehingga penulisan if-else kurang praktis.

Jika salah satu <konstanta k> dipenuhi maka {Perintah k} akan dikerjakan. Jika semua konstanta tidak dipenuhi maka akan dikerjakan {Perintah lain}

switch (variable)

{

case <konstanta 1> : {Perintah 1}; [break;]

case <konstanta 2> : {Perintah 2}; [break;]

…..

…..

case <konstanta n> : {Perintah n}; [break;]

default : {Perintah lain};

}

Contoh program berikut digunakan untuk menyederhanakan penulisan if-else pada program if-else bertumpuk.

// program if-else bertumpuk

#include<iostream.h>

void main()

{

char op;

double x, y, z;

cout<<“Masukkan operand1 operator operand2 : “;

cin >> x >> op >> y;

switch (op)

{

case ‘+’: z = x + y; break;

case ‘-’:  z = x – y;  break;

case ‘*’:  z = x * y; break;

case ‘/’:  if (y != 0) z = x / y; break;

default:  cout<<”operator salah”<<endl;

}

cout<<”hasilnya : “<<z<<endl;

getchar();

}

Praktek

  • Buka program dari icon C++ Builder
  • Pilih menu File | New
  • Pilihlan icon Console App (Console Wizard)
  • Tulislah program berikut, gantilah bentuk fungsi main() yang sudah ada dalam editor dengan bentuk dalam program berikut. (kode lain, misalnya #include …, jangan dihapus).
  • Setelah selesai, jalankan dengan menu Run | Run atau F9.

// beberapa baris ini mungkin sudah ada, JANGAN dihapus

#include <vcl.h>

#pragma hdrstop

#pragma argsused

//——————————————————-

#include <iostream.h>  // tambahkan baris ini

//—————————————————–

void main()

{

char jenis;

int panjang, lebar, luas, jari;

float luaslingkar;

cout << “Pilih Persegi panjang<P> atau Lingkaran<L>: “;

cin >> jenis;  //ambil data dari keyboard

if (jenis == ‘P’ || jenis == ‘p’)

{

cout << “panjang = “;

cin >> panjang;

cout << “lebar = “;

cin >> lebar;

luas = panjang * lebar;

cout << “Luas = ” << luas << endl;

}

else if (jenis == ‘L’ || jenis == ‘l’)

{

cout << “jari-jari = “;

cin >> jari;

luaslingkar = 3.14 * jari * jari;

cout << “Luas = ” << luaslingkar << endl;

}

else

cout << “salah pilih” << endl;

getchar();

}

~ oleh 12puby pada 9 Juni 2010.

Tinggalkan komentar